Gerakan Antisipatif Demam Berdarah

Gerakan Antisipatif Demam Berdarah

Penyakit demam dengue (demam berdarah) disebabkan oleh virusdengue yang penyebarannya terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. wabah penyakit yang sedang merebak perlu perhatian khusus terutama pembrantasan nyamuk dangue. tindakan tersebut bisa dilakukan dengan melakukan fogging dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Kegiatan PSN dilakukan di Desa Kalicupak Lor, Pemerintah Desa bersama dengan Kecamatan Kalibagor, Polsek, Koramil dan Pukesmas Kalibagor pada hari Minggu, 31 Maret 2019 berjalan dengan lancar.Warga Masyarakat, PKK Desa Kalicupak Lor, dan Lembaga Desa juga ikut serta dalam kegiatan tersebut. Setiap rumah diperiksa dengan teliti dengan cara melihat jentik-jentik nyamuk yang terdapat di suatu wadah yang berisi air menggenang. hal itu sangat rawan karena perkembangbiakan nyamuk terdapat pada genangan air tersebut.

Selain Kegitan PSN serentak sesuai dengan perintah Bupati Banyumas, setiap 15 hari sekali hal tersebut sudah dilaksanakan rutin oleh kader-kader PSN Desa Kalicupak Lor. Dengan upaya pencegahan melalui kegiatan PSN diharapkan dapat meningkatkan kesehatan warga masyarakat dan mengurangi resiko terkena penyakit demam berdarah.

Related Posts

Komentar